21 Januari 2013

Benda benda yang digunakan orang jepang dalam menghadapi musim dingin

Jepang termasuk salah satu negara yang dilalui oleh musim dingin, yang ditandai dengan turunnya salju(sekitar bulan November-februari). Pada saat musim dingin di Jepang suhu udaranya berkisar antara -10 sampai dengan 10 derajat Celcius, bisa anda bayangkan betapa dinginnya suhu tersebut, tidak heran jikalau anda mendapati  orang yang mimisan(keluarnya darah dari hidung) disebabkan saking dinginnya suhu udara tersebut. tapi tahukah kamu benda-benda apa sajakah yang digunakan orang jepang untuk menghangatkan tubuhnya ketika beraktifitas atau bekerja sewaktu musim dingin tersebut tiba? Buat para Pelancong, Mahasiswa, dan Pekerja yang ingin ke jepang kali ini saya akan sharing tentang benda-benda yang digunakan orang jepang dalam menghadapi musim dingin menurut hasil peninjauan lokasi saya ketika berkunjung ke jepang :) 
nih dia...

 foto saya pada waktu musim dingin di jepang

1.Kotatsu,kotatsu adalah meja kayu rendah yang ditutupi oleh futon(futon adalah kasur empuk atau selimut lentur yang diisi dengan kapas, wol , atau batting sintetis)yang diletakkan diatas meja dengan tujuan untuk mengurung hawa panas dari sumber panas berupa lampu(heater lampu) yg tepat berada di bawah meja tersebut, dengan cara duduk sambil memasukkan seluruh bagian kaki hingga paha ke bawah meja tersebut(meluruskan kaki atau menyila) seperti lesehan, dan menurunkan futon tadi hingga menutupi seluruh area tubuh bagian bawah. banyak kegiatan yang bisa anda lakukan selama berada di kotatsu, seperti belajar, makan, online dll.(kecuali e’ek karena bukan tempatnya)



      kotatsu



2.Heater atau pemanas adalah alat yang digunakan untuk memanaskan sebuah ruangan yang skalanya lebih besar(seperti: kamar, rumah, supermarket,dll.). Pada dasarnya fungsi heater sama seperti A.C (Air Condisioner) pendingin yang digunakan di negara kita yaitu menjadikan suhu ruangan menjadi normal/stabil(kisaran 19-28 derajat C) akan tetapi udara yg dikeluarkan dari kedua benda ini jelas berbeda. Dilihat dari sumber energi primernya, heater dijepang terbagi menjadi 2, yaitu heater yg menggunakan Listrik(seperti:Electric fan heater, heater lampu, dan electrik pump) & heater yang menggunakan Minyak tanah/Gas, nah heater yang menggunakan minyak tanah ini lebih disukai oleh orang-orang yang ingin menghemat, disamping biayanya murah juga praktis, akan tetapi kekurangan dari heater ini adalah udara panas yang dikeluarkan berbau minyak tanah, jadi jangan kaget jikalau kalian mengunjungi sebuah rumah di jepang dan mendapati adanya bau minyak tanah :D

 Heater yang menggunakan minyak tanah



3.hokkairo, adalah stiker penghangat tubuh(macam stiker koyo) yang berfungsi menghangatkan tubuh. Perlu diperhatikan bahwa cara penggunaannya adalah dengan menempelkan hokkairo tersebut dilapisan luar baju dalam disekitar area punggung anda, jangan langsung ditempelkan ke lapisan kulit anda karena bisa mengakibatkan melepuhnya kulit anda disebabkan energi panas dari hokkairo tersebut. Hokkairo ini dapat menghangatkan tubuh anda selama berjam-jam. Ukurannya bervariasi dari yang kecil sampai yang besar, dan bisa anda dapatkan di minimarket atau supermarket. orang jepang biasa menggunakan hokkairo ini ketika melakukan aktivitasnya di outdoor atau bepergian.





4.Sake (hehehe :D) bicara tentang Sake,pasti dari sobat blogger ada yang sudah tahu dan  mengerti apa dan efek dari Sake tersebut, apalagi dimusim dingin bro/sist ? :D iya betul, Sake adalah minuman beralkohol jepang kuno yang berasal dari hasil fermentasi beras, disajikan/diminum dengan hangat dan dapat menghangatkan tubuh diwaktu musim dingin. Bagi yang non-muslim silahkan mengkonsumsinya, tapi bagi muslim “dameeeeeeee!!!!!” Nanti mabutt :D (dame: “tidak boleh”) orang jepang dalam mengkonsumsi sake sama saja, yaitu pria & wanita sama-sama suka minum sake(sama-sama mabutt juga) :D Asyiik tuh, tapi kalau masih anak-anak yah jelas dilarang. Siapa sih orang tua yang tega melihat anaknya mabut-mabut di jalan setapak yang sepi dekat hutan bambu lagi, trus dihutan itu banyak beruangnya, yah jelas ngga kan..?! :D
 Sake


O.k sekian dulu dari saya mengenai benda-benda yang digunakan oleh orang jepang ketika menghadapi musim dingin, siapa tahu ada dari pembaca yang bercita-cita ingin ke jepang (Aamiiin, saya doain semoga terkabul keinginannya) dan setiba di jepang mendapati musim dingin jadi, tidak perlu khawatir lagi bagaimana cara menghadapinya. :)

                                                                                                                -Sayonara ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar